W.E.L.C.O.M.E M.Y. BLOG A.L.L

Anda telah mengunjungi blog saya semoga bermanfaat bagi anda terima kasih

Musik| Info letto| Plettonic|

Jumat, 29 Oktober 2010

Biografi noe

Sabrang Mowo Damar Panuluh lebih dikenal sebagai Noe (lahir di Yogyakarta, 10 Juni 1979; umur 30 tahun) adalah vokalis band Letto. Noe merupakan anak pertama budayawan, Emha Ainun Najib dan anak tiri bintang sinetron dan penyanyi, Novia Kolopaking.
[sunting] Masa Kecil

Noe lahir sebagai anak pertama dari budayawan, Emha Ainun Najib atau Cak Nun dari istri pertamanya, Neneng. Sayangnya saat dirinya menginjak umur 6 tahun, orangtuanya memutuskan untuk bercerai. Noe menghabiskan masa SD di SD 1 Yosomulyo, Lampung kemudian melanjutkan ke SMP Xaverius Metro, Lampung.

Saat Noe masih SMP, pamannya memberikan kaset bekas kumpulan lagu-lagu Queen. Setelah mendengarkan berulang kali, akhirnya dia mempunyai pikiran bagaimana membuat musik yang bisa menggerakkan rasa dan menggerakkan perasaan orang lain. Mulailah Noe bersentuhan dengan keyboard, alat musik yang pertama ia sentuh.

Setelah lulus SMP, Noe kembali ke Yogyakarta dan meneruskan sekolah di SMU 7 Yogyakarta. Ia bergabung dengan ayahnya dan bergaul bersama komunitas ayahnya. SMU 7 Yogyakarta-lah yang mempertemukan Noe dengan Ari, Dedy dan Patub. Pada waktu itu mereka belum membentuk band. Pada tahun 1998 Noe memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Universitas Alberta, Kanada. Ia mengambil dua jurusan sekaligus, yaitu matematika dan fisika. Lima tahun kemudian, ia pulang ke Yogya dengan membawa gelar Bachelor of Mathematic dan Bachelor of Physics.
[sunting] Karir

Setelah kembali ke tanah air dan bertemu kembali dengan kawan-kawan karibnya, Noe sering bermain musik di studio Kyai Kanjeng, grup musik milik ayahnya. Dari studio Kanjeng, Noe bisa mengerti bagaimana mixing, mastering dan memproduksi musik. Noe mulai menulis lirik lagu, yang akhirnya banyak tertuang dalam album perdana Letto, Truth, Cry, and Lie.

Pada tahun 2004, Musica tertarik pada lagu yang ditawarkan Noe dan kawan-kawannya. Barulah mereka membentuk band yang diberi nama Letto. Pada tahun 2006, Letto mengeluarkan debut album berjudul Truth, Cry and Lie. Keseriusan bermusik membuahkan double platinum bagi Letto. Kesuksesan itu memacu Letto untuk membuat album kedua, "Don't Make Me Sad" (2007).
sumber nova:
Usai mendapat gelar sarjana, entah kenapa aku malas mempraktekkan ilmuku. Aku malah ngumpul sama teman-teman dan mengelola sebuah studio musik di Yogyakarta.
Lama-lama kami bermain musik dan menciptakan lagu. Teman-temanku tak lain sahabat-sahabatku sejak SMA dulu.
Tanpa terasa, keinginan bermusikku makin kuat. Kami membulatkan tekat untuk membentuk grup band. Beruntungnya, band kami cepat menembus pasar. Lahirlah album pertama Kompilasi 2004. Waktu itu, kami harus memberi nama. Akhirnya terbersitlah nama Letto, yang berarti kosong, tanpa nama.
Syukur Alhamdulillah, responnya bagus. Album kedua, pun digarap. Ternyata lagu Ruang Rindu melejit di pasaran, bahkan menjadi song theme sinetron. Nama kami melesat bak roket. Banyak undangan menyanyi di TV, promo album dan show di luar kota.
Terus terang kami juga enggak mengira akan secepat ini. Perubahan dalam hidup kami terasa begitu cepat. Tahun 2007 lahir album Don't Make Me Sad. Dan tahun 2009, Lettologica dirilis dengan lagu andalan Lubang Di Hati. Alhamdullilah, responnya juga bagus.
Membina Rumah Tangga
Mulus dalam karier dan pendidikan, bagaimana dengan kisah asmaraku ? Sejujurnya selama di Kanada tidak ada perempuan yang spesial di hatiku. Semua kuanggap teman. Hingga pada tahun 2006, saat ikut Ayah tampil di Australia bersama Kiai Kanjeng, aku berkenalan dengan seorang mahasiswi Australia dari Indonesia. Namanya Fauzia Fajar Putri atau biasa dipanggil Uci.
Sejak berkenalan aku tahu dia berbeda. Hingga akhirnya kulakukan pendekatan dan aku merasa semakin cocok dengannya. Kami pun resmi berpacaran. Di mataku, Uci adalah perempuan yang bisa menjadi istriku dan ibu dari anak-anakku. Dia adalah gadis yang sederhana, dewasa dan mandiri. Kami saling percaya. Dia mampu membuatku merasa aman dan nyaman. Dan, tanpa keraguan aku merasa siap untuk membina rumah tangga dengannya.
Dengan hati mantap kuberitahu Ibu yang tinggal di Lampung. Ternyata kata Ibu aku tak salah pilih. Ibu suka pada Uci. Bagiku, kalau Ibu sudah bisa menerima Uci itu sudah cukup menggembirakan. Selain Ibu, Ayah dan Mbak Via, kakakku, juga sudah mengenal Uci dengan baik.
Tak menunggu lama, keluarga kami berkenalan di Jakarta. Hingga akhirnya, kami pun sepakat untuk segera menuju jenjang yang lebih serius. Aku memang ingin segera mempersunting Uchie. Terlebih sempat ada gosip yang kurang mengenakkan. Tapi Uci cukup mengerti dengan konsekuensi menjadi kekasih artis. Justru itu adalah daya tarik Uci.
Kami pun mulai berencana mempersiapkan pernikahan. Aku dan Uci mencoba mempersiapkan sendiri di sela-sela kesibukan kami. Nuansa hijau dipilih olehnya. Aku ikut saja. Pada tanggal 18 Februari mimpi kami bersanding di pelaminan terwujud. Esoknya, 19 Februari, dilanjutkan dengan resepsi.
Insya Allah aku siap lahir batin menjadi suami. Memang sih setelah mengucap ijab, aku masih seperti tak percaya kalau sudah punya istri. Seperti mimpi ha ha. Sampai berkali-kali aku memanggilnya dengan panggilan "istriku".
Kini rasanya lengkap sekali. Setiap pagi ada yang membuatkan aku kopi. Aku dan Uci juga ingin segera punya anak. Tapi kami tidak ngoyo. Semua berpulang pada kuasaNya. Kami pasrah saja, sambil menjalani hidup penuh syukur dan bahagia.
Siapa yang tak kenal Letto, salah satu band dari Jogja yang udah mulai melanglang buana ke Malaysia dan Singapura, Letto adalah band yang pertama kali dibentuk tahun 2004. Band asal kota
Gudeg ini beranggotakan Sabrang Mowo Damar Panuluh atau akrab dipanggil Noe (vokalis), Agus Riyono alias Patub (gitaris), Ari Prastowo alias Arian (bassis), dan Dedi Riyono yang akrab disebut Dhedot (drummer). Vokalis Letto, Noe, adalah putra penyair Emha Ainun Najib.

Album pertama Letto bertajuk "Truth, Cry, and Lie" yang dirilis tahun 2005. Sebelumnya Letto juga pernah merilis album PILIH di tahun 2004, tetapi pada saat itu nama band ini masih Leto dengan satu huruf – T saja . Setelah sukses di album pertama, Letto pun meluncurkan album kedua mereka "Don't Make Me Sad" yang dirilis Agustus 2007. Di album ini, mereka menjagokan lagu "Sebelum Cahaya" yang lagi-lagi cukup populer dikalangan masyarakat. Lagu lain yang menarik untuk didengar dialbum ini di antaranya lagu berbahasa Inggris "Ephemera", "Bunga di malam itu" dan "Permintaan Hati" dengan irama (tanpa roma, ntar jadinya Roma Irama dunk!!) yang lebih nge-bit...
LETTO! Yah, band yang sekarang sedang banyak jadi omongan ini, sebenarnya tidak punya arti yang penting. Letto itu tidak punya makna khusus. “Ya memang tidak ada artinya,” kata Noe, vokalis juga orang yang menemukan nama itu dengan cara yang “tidak wajar” itu. Tidak wajar? Nama Letto didapatnya tanpa proses yang berbelit-belit. “Impulsif saja. Nama itu saya dapatkan ketika saya bangun tidur. Saya usulkan nama itu dan teman-teman setuju,” beber Noe sambil tersenyum. “Kami pilih Letto karena nama itu sama sekali nggak ada arti dan filosofiinya. Sengaja begitu biar nggak diartikan neko-neko saja. Lagipula buat kami nama itu tak punya fungsi selain sekadar identitas,” ujar Noe. Sebelum menjadi sepeti sekarang, dipuja-puji, dikerubutin penggemar, Letto hanya band yang terbentuk lantaran personelnya rajin kongko di sebuah studio musik. Para personel Letto dulunya adalah teman satu sekolah, bahkan ada yang sekelas di SMU 7 Yogyakarta.

Waktu itu sudah bermain musik tapi jenis etnis dan tradisional. Seusai merampungkan kuliah, kami berkumpul lagi dan sering nongkrong di Geese Studio di rumah Noe. Kami pun mulai menyentuh musik pop dan belajar membuat lagu. Maka terbentuklah Letto. “Kami ini teman satu SMA dan suka main musik. Suatu kali, kami dipercaya mengelola sebuah studio rekaman. Di kala studio sedang sepi, kami suka main musik dan bikin-bikin lagu.

Dari studio itu kami belajar tentang audio dan teknik-teknik studio,” seru Arian. Sampai di sini belum ada niat serius bermusik. Niat serius baru muncul setelah didesak teman-teman mereka. “Teman-teman menyarankan kenapa nggak diseriusin saja lagu-lagu yang sudah jadi,” seru Arian lagi. Personil awalnya tergolong awet. Ada nama Noe [vokal], bersama Patub (gitar), Arian (bas) dan Dedy (drum) yang sampai sekarang masih mengisi line-up band asal Jogjakarta ini. Sampai akhirnya mereka “iseng-iseng berhadiah” membuat lagu yang entah bagaimana ceritanya sampai ke tangan Noey Java Jive. Noey adalah produser yang melejitkan Peterpan dan beberapa band lainnya. Lantaran tertarik Noey menawarkan mereka ikut album kompilasi Pilih 2004 keluaran perusahaan rekaman Musica Studio’s. Lagu mereka yang masuk di album itu bertajuk I’ll Find Away.

Sampai di tahap itu, nama LETTO belum dikenal juga, termasuk di kampungnya sendiri, Jogjakarta. Apalagi ketika itu nama Peterpan sedang berkibar kencang. Alhasil, Letto malah jadi pertaruhan kira-kira bakal rekaman atau tidak. Banyak yang bilang tidak, awalnya. Meski cukup sukses bermusik, tahukah kamu kalau awalnya orang tua personil Letto sempat ragu-ragu dengan pilihan hidup anak-anaknya? Yah, hari gini siapa sih yang mau melepaskan anaknya untuk hidup dari ngeband doang? “Ya, pada awalnya orang tua ragu pada pilihan kami menjadi pemusik. Biasa, alasannya karena tidak bisa dijadikan tumpuan hidup,” kata Noe. Seperti milsanya Noe sendiri. Meski keluarganya lekat dengan kebudayaan, tapi menjadi musisi bukanlah pilihan yang kuat. Apalagi Noe sendiri sempat mangambil kulaih matematika di Kanada, jadi kesempatan jadi musisi adalah pilihan “yang tidak menguntungkan” menurut keluarganya. Kini, meski popularitas sudah digenggaman, toh keluarganya tak serta merta menyilakan mereka full time di musik. “Mereka memberikan dukungan meski tidak sepenuhnya.

Lambat laun dukungan materi dikurangi mungkin agar kami lebih mandiri,” kata Patub lagi. Tapi siapa sangka, tahun 2006, tiba-tiba kita dikagetkan dengan album ‘TRUTH, CRY AND LIE”. Awalnya masih nggak ngeh kalau yang rilis album ini adalah Letto yang pernah masuk kompilasi tahun 2004 silam. Apalagi liriknya “sok-sokan’ pakai bahasa Inggris pula. Soal album awal dan pilihan berbahasa Inggris, Noe punya alasan. “Pemilihan bahasa kami sama seperti saat kami memilih merek instrumen yang dipakai. Misalnya untuk gitar, ada Inabez, Jackson, Fender, dan sebagainya. Itu hanya masalah pilihan rasa yang disesuaikan dengan musik yang digarap. Tidak ada target karena dalam berkreasi kami berpedoman pada proses kreatif dan mengalir jujur sesuai kapasitas. Namun jika dari sisi industri, dengan menggunakan bahasa Inggris, tentu pasarnya lebih luas. Ini memberikan motivasi lain bagi kami,” jelasnya. Bicara soal album pertamanya, memang unik. Album ini benar-benar mementahkan sinisme orang tentang band yang dianggap tidak bakal laku ini. LETTO akhirnya merilis album utuh yang herannya, sebenarnya lebih bagus dibanding band-band yang sekarang sedang digandrungi. Sayangnya juga, LETTO sendiri ternyata tak “jual diri” sebelumnya. Nggak kaget, kalau musisi-musisi Jogja sendiri “kebingungan” ketika ada band dari daerahnya yang [lagi-lagi] merilis album nasional. Album perdananya seperti ‘sok-sokan’ lantaran menggunakan judul berbahasa Inggris Truth, Cry and Lie. Sesuatu yang sebenarnya makin biasa di dunia musik Indonesia. Tak cuma itu, separuh lagu dari 10 lagu yang ada, berbahasa Inggris.

Hasilnya? Sebenarnya LETTO termasuk mengejutkan secara materi. Single pertamanya Sampai Nanti, Sampai Mati ternyata bisa menggoda penikmat musik, meski masih ditengah dominasi pop manis lainnya. Lagu ini simpel, judulnya sedikit nakal. Tempo lagunya medium dengan karakter pop yang jelas. Hanya tampaknya pengaruh brit-pop dominan. Lagu ini mengingatkan penulis pada lagu-lagu milik grup Starsailor. Sebenarnya, lagu ini tak lazim. Ada nada-nada pentatonis yang cukup unik. Sebenanrya kalau dikulik lagi, akan lebih menarik. Tapi tampaknya LETTO tak mau terjebak pada pop-etnisitas. Letto tampaknya cukup jeli mengemas konsep musiknya. Suara Noe sengau dengan karakter mellow yang cukup kuat. Secara “sembarangan” penulis mendengar karakter Keane Band, Tom Chaplin. Berlebihan? Mungkin saja, tapi karakter itulah yang menjadi kekuatan lagu-lagu LETTO. Coba simak track pembuka Truth, Cry, and Lie. Liriknya sebenarnya psychedelic. Tapi kita akan terkecoh dengan tarikan vokal Noe yang melankolik itu. Kelebihan lainnya, Noe punya lafal Inggris yang cukup bagus. Meski sering mengaku “anak desa” ternyata Noe cukup lama ngendon di Kanada. Anak Emha Ainun Nadjib ini punya kelebihan vokal yang apik. Sayangnya, semua kelebihan itu tidak langsung ditingkahi dengan sound yang apik. Kekurangan album ini adalah sound yang terlalu “sederhana”. Seandainya bisa lebih megah, kamu bisa tertipu mengira LETTO band britpop dari negeri seberang. Kelemahan lain yang perlu segera dibenahi, LETTO harus berani bermain-main dengan lirik yang sedikit nakal.

10 lagu nyaris seragam. Entah, kalau mereka memang memposisikan diri sebagai band “pengharubiru” saja. Kalau itu pilihan mereka, sayang sekali. Band ini punya potensi lebih. Soal irik yang di album pertama dan kedua masih menyelipkan bahasa Inggris, agak unik juga alasan mereka. Pasalnya, selain soal proses kreatif, mereka juga lempeng saja mengatakan soal bahasa Inggris itu lebih pada persoalan rasa enak atay tak enak saja. “Kita cari yang nyaman saja,” kata Patub ikut nyamber. Dan pilihan itu tidak salah. Lambat laun, pĂ©lan-pelan lagu Letto mulai disimak dan diperhatikan. Nyaris empat bulan pertama sejak rilis, nama Letto baru disebut-sebut tapi belum bener-benar menjadi omongan yang menarik. Sampai kemudian beberapa lagunya menjadi soundtrack sinetron. Barulah mereka merambat naik ke atas. Puas? “Manusia tentu tidak pernah puas. Tapi yang pasti, kami mensyukuri hasil kerja kami selama ini karena bisa memberikan sesuatu yang ternyata disukai masyarakat,” kata Patub lagi. Noe yang anak budayawan Emha Ainun Najib menambahkan, “Bagi entertainer, kepuasan akan terpenuhi bila karyanya diapreasi positif oleh khalayak dan yang paling sulit adalah mempertahankan kepercayaan yang telah diberikan tersebut. Untuk mempertahankan atau lebih sukses, kami tentu sudah memikirkan strategi berkarya untuk masa depan.” Pernah berpikir soal sukses atau lagu-lagunya disukai? Jawabannya bisa “basa-basi” juga, tapi Letto melihatnya sebagai satu proses. “Kami tidak tahu mengapa lagu-lagu kami banyak diminati.

Mungkin karena maknanya mendalam sehingga bisa mengilhami beberapa pihak untuk menggarap tema cerita. Sekadar informasi, lagu "Ruang Rindu" juga dijadikan ide cerita sebuah novel yang digarap seorang penulis dari Bandung,” jelas Noe. Yang unik, menurut Noe, di Semarang juga ada guru Taman Kanak-kanak yang meminta izin untuk mengangkat album pertama mereka sebagai ide cerita sebuah buku yang akan dia garap. “Ah kita sebenarnya hanya menciptakan lagu yang menurut kami enak. Jika ternyata masyarakat suka, ini berarti selera kami dan masyarakat sama. Buktinya apa yang menurut kami enak, enak pula menurut masyarakat,” imbuh Noe. Lirik yang lembut, suara yang mendayu dan musikalitas yang tidak terlalu kencang, membuat Letto kerap dituding sebagai band yang termasuk aliran menye-menye. Ada yang menudingnya cengeng, meski banyak yang menyebutnya band romantis. Dimanakah sebenarnya posisi Letto? Ketika merilis album kedua ‘Don’t Make Me Sad’, Letto memberi alasan soal lagunya yang disebut dengan banyak pilihan tadi. "Kami tidak pernah tahu arti puitis dan romantis kok," jawab Noe, vokalis LETTO kepada THE CHORDs ketika ditanya soal romantisme dan puitisme dalam lagu-lagunya. Letto tidak sedang guyon dengan pernyataannya ini. "Kita memang tidak tahu, karena kita buat lagu dengan apa yang kita rasakan saja," jawab Noe. Yup. LETTO memang lebih cocok disebut band kontemplatif dibanding band romantis. Meski musiknya mendayu, mengharubiru, tapi liriknya kalau diperhatikan lebih "berbicara" daripada sekedar lagu-lagu biasa. Berlebihan? Harusnya tidak. DI album kedua ini, LETTO terdengar lebih "emosional" secara lirik, karakter vokal dan teknik menyanyi Noe yang agak "menggelayut" itu. "Kita tidak pernah sengaja mencari inspirasi dengan kontemplasi, tapi berusaha kontemplatif dengan apa-apa yang kita alami saja," jelas Noe, anak budayawan Emha Ainun Nadjib ini kalem. Noe memberi contoh, kehilangan handphone. "Dari kehilangan sesuatu yang kita sayangi, itu bisa mejadi hal kontemplatif dan brekembang jadi satu karakter lagu yang punya emosi," jawabnya. Dan pilihan single 'Sebelum Cahaya' makin mengukuhkan "kecurigaan" kontemplatif itu. Video klipnya bisa menerjemahkan makna lirik yang sarat simbol-simbol cinta yang perlu refleksi. Pilihan cerdas karena emosi gerak dan bahasa tubuh yang 'berbicara' saat klipnya memilih model seorang perempuan tuna wicara. "Kita memberi sentuhan soul yang diterjemahkan lewat gerak bibir dan bahasa tubuh modelnya. Dan itu lebih mengena rasanya," jelas Noe lagi.

Album keduanya, lebih adem dan mateng liriknya. Tapi menjadi sederhana saja, ketika kita menyimak satu persatu lirik yang ada di album ini. Romantis? Penulis lebih suka menyebut asik di kuping. Kelembutan vokal dan lirihnya lirik, menjadi kekuatan yang bisa mengharubiru pendengarnya. Letto sebenarnya tidak sedang mengukuhkan dan menciptakan cap apa-apa kepada band ini. Album pertamanya dulu, orang mulai aware ketika masuk bulan keempat dan seterusnya. Sebelumnya, lirik LETTO dianggap syahdu tapi perlu mikir. Coba saja simak single pertamanya 'Sebelum Cahaya'. Adakah yang tidak setuju kalau disebut lagu ini seperti tuturan lafal doa dan keinginan manusia bertemu dengan cinta? Yang kuat dari lagu ini adalah emosinya meski tak ada lompatan yang luarbiasa dari skill dan pencapaian musikalitas yang masih merangkak. Track ini memang masih mengandalkan tempo melow, walaupun tak bisa disebut melankolik. Lebih pas disebut lirih. Masih menyambung dengan single-single hits di album pertama. LETTO masih "hati-hati" melompat dari karakter awal. Tapi bandingkan dengan single 'Permintaan Hati' yang disebut-sebut bakal jadi hits kedua band ini. Agak terkejut juga, ketika LETTO coba menyelinap ke elektronic-rock. Ada distorsi, ada sampling, dan ada loop yang temponya cepat.

Single ini menjadi 'perubahan' kontemplatif ke arah provokatif dalam tempo. Sayangnya, gaya bernyanyi dan vokal Noe, tetap saja ngepop. Tak menyisakan ruang untuk sedikit 'garang'. Yah sebutlah track ini 'pop-rock-renaissance' meski liriknya tak seketat single pertama. Mencari lagu yang bicara cinta hati meski tak berujung manis adalah di lagu Ephemera. Berlirik bahasa Inggris, lagu ini seperti "menjawab kegelisahan" kamu yang sedang was-was dengan cinta dan hubungan asmara. Choir yang menyelip, membuat lagu ini terdengar dramatis. Jujur saja, vokal Noe kuat di model-model track seperti ini yang bertebaran di album ini. Lagu yang kuat lagi di album ini adalah Don't Make Me Sad. Lirik berbahasa Inggris ini seperti menjadi penutup yang manis dari rangkaian kelambutan, enlighment, disolasi, dan kontemplatif yang begitu kentara di album ini. Kelemahan di album ini [dan juga album pertamanya] adalah sound yang tidak maksimal, tidak clean dan kasar di beberapa lagu. Apakah diburu-buru target rilis album? Entahlah, tapi album berikutnya perlu satu sentuhan khusus soal sound ini.

Piye dab? Lagu-lagu Letto sekarang banyak yang “jualan” dalam istilah industrinya. Benarkah? “Sebenarnya masalah laku itu adalah rezeki. Masing-masing band mempunyai rezeki sendiri-sendiri. Tapi paling tidak konsistensi perlu dijaga oleh para personel saat menggarap lagu. Mereka harus mempunyai orisinalitas dalam berkarya. Produser tentu menuntut band yang satu untuk menghasilkan karya yang berbeda dari band-band lain agar albumnya laku di pasaran. Ini yang dinamakan orisinalitas,” tegas Noe. Yang jelas, Letto masih tetap ingin eksis dalam waktu lama. Tak mau letoy [ambruk] sebelum berkembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
banjarmasin, kalimantan selatan, Indonesia
saya sangat hobi online atau surfing internet,dan bermain komputer

Letto n plettonic

Letto n plettonic